Selasa, 16 Juli 2013

HARI PERTAMA PUASA 10 JULI 2013






Gambar di atas merupakan gambar yang diambil didaerah perkampungan yang berada didaerah perbatasan gegerkalong dan pondok hijau. Dalam mengisi waktu luang disore hari sebagian orang tua dan anak anak disana melakukan kegiatan menyalakan lodong,kegiatan ini telah menjadi tradisi dalam acara ngabuburit pada hari pertama puasa. Ketika saya bermain kesana bersama teman yang ngekosnya didaerah sana ternyata sudah banyak orang sedang berkumpul disana.
Tidak hanya anak anak ,orang tua disana pun sangat menikmati suasana ngabuburit pada waktu itu. Lodong ini terbuat dari bamboo yang dipotong sekitar 1 m kemudian ruas ruas didalamnya dihilangkan sehingga tercipta lubang yang memanjang dari awal ruas sampai ke ujung satunya lagi, kemudian ruas yang kosong tadi diisi oleh karbit dan minyak,setelah itu karbit dan minyak tadi dinyalakan dengan api sehingga ketika api itu dinyalakan tercipta dentuman yang lumayan besar namun tidak berbahaya seperti petasan atau bom Molotov pada umumnya.selain pada awal ramadhan kegiatan ini juga sering dilakukan pada saat menjelang hari hari besar islam lainnya.
Suasana yang saya rasakan pada saat itu sangat penuh dengan senyuman,orang orang semua berkumpul dan saling menyapa satu sama lainnya sehingga terasa sekali suasana kekeluargaanya. Anak anak kecil tertawa riang ketika lodong itu dinyalakan,orang tua saling menutup telinga ketika lodong itu akan dinyalakan,terasa sekali kehangatan pada saat itu,waktu pun terasa begitu cepat sehingga tidak terasa waktu menunjukan pukul 17.30 wib .saya pun pergi meninggalkan tempat itu dan kembali kekosan,namun sebelim pulang saya melihat orang orang dikerumunan tadi juga pergi bersamaan dengan wajah penuh keceriaan dan kehangatan satu sama lain. Ini merupakan pengalaman kekeluargaan yang paling dekat terasa selama saya dikota bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari..